Pengetian
Suatu kertas
berkolom-kolom(berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun semua data
akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan
keuangan dengan cara yang sistematis. Neraca lajur biasa disebut kertas
kerja(work sheet). Neraca lajur sebenarnya bukan bagian dari catatan-catatan
akuntansi yang formal.
Tujuan pembuatan neraca lajur:
- Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan
- Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuanganyang formal.
- Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian
Penyusunan Neraca Lajur
Penyusunan neraca lajur dimulai dari neraca saldo
sebelum diadakan penyesuaian dan kemudian dengan memasukkan data-data
penyesuaian dapatlah ditentukan data-data yang akan dicantumkan dalam laporan
keuangan. Neraca lajur tersebut haruslah disusun berkolom-kolom dan untuk
perusahaan dagang atau jasa biasanya terdiri dari 4 kolom yaitu :
- Kolom neraca saldo yang terdiri dari kolom D dan K
- Kolom adjustment yang terdiri dri kolom D dan K
- Kolom rugi laba yang terdiri dari kolom D dan K
- Kolom neraca akhir yang terdiri dari kolom D dan K
0 komentar:
Posting Komentar