Minggu, 29 November 2015

PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI

Faktor-faktor Perubahan Organisasi


Faktor Ekstern 
Adalah penyebab perubahan yang berasal dari luar, atau sering disebut lingkungan. Organisasi bersifat responsive terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Oleh karena itu, jarang sekali suatu organisasi melakukan perubahan besar tanpa adanya dorongan yang kuat dari lingkungannya. Artinya, perubahan yang besar itu terjadi karena lingkungan menuntut seperti itu. Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk faktor ekstern adalah perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.

Faktor Intern
Adalah penyebab perubahan yang berasal dari dalam organisasi yang bersangkutan, yang dapat berasal dari berbagai sumber antara lain:
  • Problem hubungan antar anggota, 
  • Problem dalam proses kerja sama, 
  • Problem keuangan.

Ciri-ciri Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
  1. Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat dan akurat tentang permasalahan yang dihadapi oleh suatu organisasi. 
  2. Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi terhadap suatu organisasi. 
  3. Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi. 
  4. Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting. 
  5. Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara organisasi sau dengan organisasi yang lainnya. 
  6. Berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh. 
  7. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.

Metode Pengembangan Organisasi

METODE PENGEMBANGAN PERILAKU 
  • PROGRAM GERADI MANAJEMEN : Program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan dan latihan pengembangan kelompok. 
  • PEMBINAAN TIM : Suatu tehnik manajemen yg mencakupkan sejumlah metode spesifik untuk membentuk kerja tim yang efektif, baik didalam maupun diantara kelompok kerja. 
  • PERENCANAAN KEHIDUPAN : Suatu metode pengembangan yg mendorong dan memungkinkan orang-orang memainkan peran aktif dalam memadukan karier dan   aktivitas kehidupan mereka kearah hasil yang memuaskan 
  • PELATIHAN KEPEKAAN : Metode yang diterapkan secara luas untuk membantu orang-orang mempelajari cara peningkatan ketrampilan antar pribadi mereka.
METODE PENGEMBANGAN STRUKTUR 
  • MANAJEMEN BERDASARKAN SASARAN/ MANAJEMEN BY  OBJECTIVE (MBO) Membantu menyediakan wewenang lebih besar bagi setiap   orang untuk menentukan tujuan pekerjaan mereka 
  • SISTEM 4 : Merupakan pendekatan yang diterapkan secara luas untuk mengembangkan karakteristik desain organik dalam suatu organisasi 
  • TEKNOLOGI DESAIN MAPS(multivariate analysis) : Metode mendesain organisasi berdasarkan hubungan yg dipandang perlu untuk melaksankan tugas individu

Sumber : Click 

0 komentar:

Posting Komentar